Welcome to Community Service Project Competition Sampoerna Academy Official Website. Thank You.

Senin, 12 Desember 2011

Awal dari Kesuksesan

Semarak pembukaan CSP Community Service Program telah digelar pada tanggal 26 Februari 2011. Kick off Community Service project di tahun kedua ini ditandai dengan bertambahnya target pelaksanaan Community service. Setelah masa libur semester tak diduga terjadi banyak perubahan. Sebanyak 32 tempat umum dan instansi pemerintah setempat siap  kerja sama dengan SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) untuk menjalankan program Comserv.
Kebanyakan dari target comserv tersebut didatangi langsung oleh siswa-siswi pengurus OSIS masa bakti 2010/2011. Terutama mereka yang mendapat job disk di sekbid 4 memang mempunyai tugas khusus untuk menangani Comserv di SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy), namun ada juga beberapa instansi yang memang meminta kepada SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy)untuk melakukan community service di sekolah mereka. Instansi-instansi tersebut kebanyakan adalah sekolah-sekolah dasar di sekitar SMAN 10 Malang yang memang telah mengenal seluk beluk SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) dengan baik. Oleh karena itu tidak ragu lagi kedua belah pihak sangat mudah untuk menjalin kerjasama.
Pencarian ke-32 tempat sebagai target dari CSP ini menghabiskan waktu kurang lebih 1 bulan sebelum pembukaan CSP. Tempat-tempat tersebut meliputi, instansi sekolah dasar maupun taman kanak-kanak, panti asuhan, panti jompo, anak jalanan, BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kota Malang, kepolisian, YPAC (Yayasan Penyandang Anak Cacat) dan dinas sosial. Selain dimintai kerja sama secara langsung sebagian dari instansi tersebut juga dapat diajak bekerja sama karena bantuan pemerintah Kota Malang.
Dalam menjalankan community service siswa-siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) dituntut untuk komunikatif, kreatif dan inovatif, karena mereka harus mempersiapkan diri untuk bicara di depan orang umum. Sepertihalnya untuk comserv di sekolah dasar, siswa-siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) harus mampu menguasai emosi dalam menanggapi kekritisan anak SD, selain itu mereka perlu kreatif dan inovasi terbaru mengenai materi yang akan disampaikan di tempat comserv. Tentunya materi yang diberikan harus berbeda di setiap pertemuan, bermanfaat dan ada keberlanjutannya. Seperti contohnya, pengajaran bahasa inggris, matematika dasar dalam bahasa Inggris, choir, bahasa jepang, PHBS, kesenian dsb. Kebanyakan dari materi yang diberikan adalah pengaplikasian materi sekolah yang dikemas untuk siswa-siswi sekolah dasar.
Tidak jarang juga materi comserv menyesuaikan dengan permintaan dari instansi yang terkait, sebagaimana untuk comserv di BLH Kota Malang, mereka meminta tim comserv untuk membersihkan taman kota dan alon-alon Kota Malang. 
Begitulah gerilya dan pengorbanan dari siswa-siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) yang telah membuahkan hasil maksimal. Keseluruhan kegiatan dilakukan dengan senang hati demi membantu sesama.

0 komentar:

Posting Komentar